Friday, April 5, 2019

Mamfaat Dari Daun Sirih Sebagai Obat Alami Untuk Ayam Sabung




Daun suruh merupakan sebuah tanaman herbal yang dikenal karena memiliki mamfaat yang banyak. Daun sirih ini memang dikenal sebagai tanaman alami yang sangat bagus sekali untuk membersihkan luka-luka ataupun untuk menghilangkan penyakit dalam. Namun tahukah kalian, bahwa daun sirih juga sangat banyak mamfaatnya bagi ayam sabung kalian. Hal ini sudah dibuktikan oleh para bobotoh yang sangat gemar sekali mencari sesuatu yang baru untuk ayam sabungnya. Sehingga ditemukanlah satu tanaman herbal yang juga memiliki kecocokan untuk ayam sabung mereka. Tentunya akan lebih bagus untuk menjaga kesehatan ayam sabung dengan sesuatu yang herbal apabila dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang tidak tahu kebenarannya.

Dengan digunakannya tanaman herbal yang pertama pastinya keamanan ayam lebih terjaga. Atau bisa dibilang tidak ada efek samping yang bisa membuat ayam sabung mendapatkan penyakit yang biasa ataupun yang berhaya. Kemudian dengan digunakannya tanaman herbal yang pastinya juga biaya yang digunakan untuk merawat atau mengobati ayam sabung akan lebih hemat. Apabila dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang harus kalian beli di toko-toko. Disini saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai apa saja mamfaat yang dapat diambil dari daun sirih untuk ayam sabung. Pastinya kalian belum tahu dan akan merasa penasaran apa si mamfaatnya itu. Baiklah, saya akan langsung saja menjelaskan mamfaatnya itu.

Daun Sirih Sebagai Obat Antibiotik

Mamfaat yang pertama yang dapat kalian ambil dari daun sirih untuk ayam sabung adalah bahwa daun sriih sebagai obat antibiotic. Biasanya ketika ayam sabung kalian sudah selesai bertarung, pastinya akan mengalami luka-luka yang dimulai dari kecil hingga besar. Pastinya kalian akan merawat dan memberikannya obat antibiotik, obat antibioctik yang memang sudah sangat sering digunakan oleh para bobotoh adalah betadine. Ya, betadine memang sudah sangat terkenal sebagai obat antibiotic yang bagus. Namun alangkah baiknya kalian bisa menggunakan daun sirih sebagai pengganti obat antibiotic betadine tersebut. Dengan digunakannya daun sirih sebagai antibiotic yang pastinya sifat kealamian akan lebih terasa dan lebih baik.

Jadi kalian jangan ragu untuk menggunakan daun sirih sebagai pengganti obat antibiotic. Karena daun sirih merupakan tanaman herbal yang sudah sangat terkenal mamfaatnya itu. Yang pastinya tidak akan membuat luka yang dialami oleh ayam sabung kalian menjadi semakin parah. Cara memberikannya yaitu kalian langsung bisa menggosokkan daun sirih tersebut keluka-luka di badan ayam sabung kalian. Dengan tujuan untuk membersihkan kuman-kuman yang menempel pada lukanya tersebut. Setelah itu kalian juga dapat untuk menempelkannya, yaitu ditumbuk terlebih dahulu daun sirih tersebut, yang kemudian kalian tempelkan pada luka-luka tersebut dan ditempel menggunakan hansaplast. Apabila luka koyak yang besar, maka harus dijahit terlebih dahulu.

Daun Sirih Sebagai Jamu/Ramuan Alami

Mamfaat kedua yang dapat diambil dari daun sirih adalah bahwa daun sirih dapat dijadikan sebai jamu alami untuk ayam sabung. Sebagai pemilik ayam sabung pastinya kalian akan memberikan jamu untuk ayam sabung kalian dengan tujuan menjaga kekebalan tubuh serta kesehatannya. Jamu memang dikenal sangat bagus untuk tubuh, oleh karena itu pemberian jamu sangatlah bagus. Namun, ternyata daun sirih juga bisa dijadikan sebagai jamu yang sangat bagus untuk ayam sabung. Hal ini memang sudah dibuktikan oleh pemilik yang mencoba pertama kalinya, dan ternyata sangatlah bagus. Ayam sabung kelihatan lebih segar dan bugar serta aktif setiap harinya, tanpa kelihatan lemah dan lesu.

Untuk pemberiannya itu dapat kalian berikan langsung kepada ayam sabung kalian yang dapat kalian campurkan ke pakan atau minumannya tersebut. Namun kalian juga bisa membuatnya menjadi ramuan yaitu dengan menambahkan kunyit dan gula merah. Kalian gunakan daun sirih, kunyit dan gula merah yang dimasukkan ke dalam panci yang diberi air kemudian dimasak. Kalian masa sampai air mendidih kurang lebih 5 menit. Setelah itu kalian tunggu sampai sudah dingin dan dapat kalian berikan kepada ayam sabung kalian. Hal ini untuk mencegah ayam sabung kalian terserang oleh penyakit-penyakit.

Mamfaat Dari Daun Sirih Sebagai Obat Alami Untuk Ayam Sabung  II

Salah satu tanaman herbal yang sudah dipercayai oleh para bobotoh adalah daun sirih. Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang digunakan oleh manusia untuk kesehatannya. Ayam sabung yang terluka ketika bertarung ataupun yang terserang penyakit, seringkali orang-orang langsung memberikannya obat-obatan yang mengandung zat kimia. Padahal hal tersebut sangatlah berbahaya bagi kesehatan ayam sabung mereka, Karena bisa saja ayam sabungnya menjadi lebih parah. Sebenarnya alangkah baiknya adalah dengan menggunakan tanaman herbal atau sesuatu yang bersifat alami. Karena hal tersebut pastinya tidak ada efek sampingnya bagi ayam sabung kalian. Memang sangat banyak sekali mamfaat yang dapat diambil dari daun sirih ini.

Daun sirih sendiri merupakan salah satu tanaman yang susah-susah gampang untuk didapatkan. Terkadang tanaman sirih ini bisa saja ditemui secara ketidaksengajaan, karena tanaman sirih ini juga merupakan salah satu tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja. Kemudian juga mudah untuk ditanam dikalangan rumah kita, karena tanaman sirih ini tidak masalah soal tempat dan tanah. Jadi bagi kalian yang memang ingin menggunakan daun sirih sebagai obat herbal untuk ayam sabung kalian, kalian dapat menanamnya pada halaman rumah kalian. Disini saya akan menjelaskan kepada kalian mengenai mamfaat yang didapat dari daun sirih untuk ayam sabung kalian sebagai obat herbal tanpa efek samping.

Daun Sirih Dapat Mengobati Penyakit Ngorok Ayam Sabung

Mamfaat ketiga yang dapat kalian dapatkan dari daun sirih ini adalah bahwa daun sirih dapat menjadi obat penyakit ngorok. Ayam sabung kalian pastinya terkadang akan terserang penyakit yang dinamakan dengan penyakit ngorok. Terkadang kalian sendiri kebingungan bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut. Dan pastinya ayam sabung kalian akan merasa tidak nyaman ketika terserang penyakit ngorok ini. Karena penyakit ngorok merupakan salah satu penyakit yang menganggu pernafasan pada ayam sabung kalian. Sehingga pastinya membuat ayam sabung kalian sudah untuk bernafas seperti biasanya lagi. Oleh karena itu kalian harus memikirkan cara untuk menyehatkan ayam sabung kalian kembali seperti biasanya lagi.

Biasanya ketika ayam sabung sudah terserang penyakit ngorok, maka dia akan kelihatan seperti tidak memiliki gairah ataupun seperti lemah. Cara untuk menghilangkan penyakit ngorok pada ayam sabung kalian secara alami yaitu dengan memberikannya daun sirih. Terdapat dua cara yang dapat kalian gunakan, cara yang pertama yaitu kalian beri minum air dari rebusan daun  sirih. Cara yang kedua yaitu kalian tempelkan daun sirih yang sudah dikukus pada leher ayam sabung kalian. Kemudian bisa juga kalian mengkombinasikan dua cara tersebut dengan memberikannya minum air rebusan dari daun sirih dan menempelkan daun sirih yang sudah dikukus pada bagian lehernya. Pastinya akan lebih bagus.

Daun Sirih Dapat Melancarkan Pencernaan Ayam Sabung

Mamfaat keempat yang dapat kalian dapatkan dari daun sirih adalah bahwa daun sirih juga dapat melancarkan pencernaan. Ya, memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa daun sirih adalah jagonya dalam masalah menyehatkan atau melancarkan masalah pencernaan. Karena daun sirih merupakan daun mint yang memang sangat cocok sekali untuk membersihkan bagian tubuh khususnya pencernaan. Sisa-sisa makanan yang terdapat pada usus atau lambung akan dibersihkan ketika ayam sabung kalian diberikan air rebusan dari daun sirih ini. Ayam sabung memang harus dijaga dan dirawat pada bagian pencernaannya supaya tidak mudah terserang oleh penyakit. Karena biasanya pencernaan kotor maka ayam rentang terserang oleh penyakit.

Masalah pencernaan pada ayam sabung bisa berupa cacingan, berak darah, berak kapur dan lain sebagainya. Itu bukanlah suatu hal yang wajar yang boleh kalian biarkan begitu saja. Pastinya harus cepat kalian tangani supaya penyakit tersebut tidak berkepanjangan. Selain diberikan air rebusan dari daun sirih, kalian juga dapat memberikannya air rebusan dari daun sirih yang dicampur dengan jahe. Sehingga kealamian dan kehangatan pada tubuh ayam sabung menjadi lebih baik lagi. Seperti yang kita ketahui bahwa rebusan air jahe sangat bagus apalagi ditambah dengan daun sirih. Maka akan menjadi lebih bagus lagi.

Mamfaat Dari Daun Sirih Sebagai Obat Alami Untuk Ayam Sabung  III

Ayam sabung sering sekali terserang berbagai macam penyakit dimulai dari yang biasa sampai dengan yang luar biasa yang harus ditangani. Kita sebagai pemilik ayam sabung pastinya harus mempunyai banyak pengalaman dan pengetahuan mengenai cara menangani ayam sabung ketika sakit. Sehingga ketika ayam sabung kita sedang terserang penyakit, kita bisa langsung untuk merawatnya dengan baik. Seringkali para pemilik ayam sabung mengabaikan hal ini, mereka ingin menggunakan cara yang simple yaitu dengan membawanya ketempat pengobatan ataupun menyuruh rekannya untuk merawat. Setelah itu ketika ayam sabungnya sudah sembuh, baru diambil kembali dan memberikan rekannya uang sebagai upah sudah merawat ayam sabungnya kembali sehat.

Bukannya hal ini malah sangat boros, yang menyebabkan pengeluaran kita semakin banyak saja. Sebenarnya untuk merawat ayam sabung yang sedang sakit tidaklah susah. Bahkan dengan menggunakan satu bahan saja bisa menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam sabung. Bisa kalian bayangkan berapa instan dan nyamannya pada saat ini. Bahan tersebut adalah daun sirih, daun sirih memang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang ayam sabung. Setelah itu daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal, tentunya akan menjadi sangat bagus untuk ayam sabung kalian. Karena dimana-mana yang namanya menggunakan bahan alami pastinya akan menjadi suatu hal yang bagus, dikarenakan khasiatnya tersebut.

Sebelumnya saya juga sudah pernah menjelaskan beberapa penyakit pada ayam sabung yang bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih saja. Penyakit diantaranya yang sudah saya jelaskan adalah untuk menghilangkan penyakit ngorok pada ayam, menghilangkan penyakit pencernaan misalnya cacingan, berak darah dan berak kapur. Kemudian bisa juga dijadikan sebagai pengganti obat antibiotic dan juga bisa dijadikan sebagai jamu. Kemudian disini saya akan menjelaskan kembali mamfaat dari daun sirih lagi yang bisa kalian gunakan untuk ayam sabung kalian. Pastinya hal ini akan sangat membantu kalian semua, karena kalian sudah tidak perlu lagi repot-repot untuk mencari obat lain yang akan digunakan untuk penyembuhannya.

Daun Sirih Dapat Mencegah Penyakit Kurap Pada Ayam Sabung

Mamfaat selanjutnya yang dapat kalian ambil dari daun sirih adalah bahwa daun sirih ini dapat mencegah penyakit kurap pada ayam sabung kalian. Penyakit kurap merupakan salah satu penyakit yang akan menyerang ayam sabung karena badannya yang kotor. Badan yang kotor bisa dikarenakan dari kandangnya, ataupun dari tempat lainnya dan bisa juga karena jarang dimandikan. Pastinya bagi kalian pemilik ayam sabung tidak mau jika ayam sabung kalian terserang penyakit kurap ini. karena penyakit kurap ini merupakan penyakit yang dapat menular. Sehingga ketika satu ayam sabung kalian sudah terkena kurap, maka penyakit ini bisa menular kea yam sabung kalian yang lainnya lagi.
Pastinya ini akan merepotkan kalian lagi, karena semua ayam kalian terkena penyakit kurap. Nah, untuk pencegahan terhadap penyakit kurap pada ayam sabung terbilang sangatlah mudah. Yaitu kalian cukup dengan menggunakan daun sirih saja. kalian siapkan daun sirih secukupnya saja kemudian direbus dengan air secukupnya juga. Rebus sampai dengan air mendidih, setelah mendidih kalian biarkan sampai air dari rebusan daun sirih tidak panas dulu. Sesudah itu barulah kalian mandikan air tersebut kepada ayam sabung kalian. karena yang pastinya pencegahan itu lebih baik daripada mengobati, oleh karena itu kalian bisa mandikan ayam sabung kalian menggunakan air rebusan daun sirih setidaknya seminggu sekali.

Daun Sirih Dapat Mengurangi Lemak Pada Bulu Ayam

Mamfaat selanjutnya yang dapat kalian dapatkan dari daun sirih adalah bahwa daun sirih ini dapat menghilangkan lemak yang terdapat pada bulu ayam sabung kalian. Akan tidak bagus apabila bulu pada ayam sabung kalian terdapat lemak yang berlebihan. Karena hal ini akan menganggu proses pertumbuhan otot yang ada pada ayam sabung kalian. Maka oleh karena itu, untuk mengilangkan lemak pada bulu ayam sabung kalian, kalian cukup menggunakan daun sirih saja. Caranya yaitu sama dengan cara diatas, yaitu kalian cukup merebus daun sirih secukupnya saja. Yang kemudian kalian mandikan air rebusan tersebut kepada ayam sabung kalian ketika airnya sudah tidak panas lagi.

No comments:

Post a Comment